Mengatasi Gagal Install .Net Framework 3.5 pada Windows 10 | Anak Pantai

Mengatasi Gagal Install .Net Framework 3.5 pada Windows 10

Tidak semua aplikasi yang hendak kita pasang ke dalam sebuah PC dapat dengan mudah terpasang. Terkadang muncul eror, baik karena aplikasinya tidak sesuai dengan versi windows, fitur pendukung agar aplikasi itu dapat berjalan dengan sempurna tidak lengkap, maupun masalah-masalah lain yang menyebabkan aplikasi yang hendak dipasang tersebut gagal dipasang. Salah satu maasalah yang tak jarang terjadi adalah masalah fitur Microsoft .Net Framework. Pehamanan mengenai apa itu .Net Framework dapat Anda pelajari pada situs resminya.
Ada dua langkah yang akan kita bahas pada tutorial ini terkait masalah gagal instal Microsoft .Net Framework 3.5 pada windows 10, diantaranya: pertama, menginstall .Net Framework 3.5 pada PC yang tidak memiliki akses internet dan kedua menginstall .Net Framewok 3.5 pada PC yang memiliki internet access.

Untuk masalah yang pertama, yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan beberapa tool, diantaranya:
  1. Installer windows 10 OS dalam bentuk kepingan CD atau flash disk.
  2. Aplikasi .Net Framework 3.5. Link download-nya DI SINI.
Langkah kerja:
  1. Masukkan kepingan CD ke dalam CD-ROM atau tancapkan flash disk pada port USB. Ingat media yang digunakan sudah harus memiliki file installer sistem operasi windows 10.
  2. Jalankan aplikasi .net framework 3.5 dengan cara klik kanan pada aplikasi dan pilih run as administrator sehingga menampilkan jendela seperti berikut ini.
  3. Pada jendela di atas, yang perlu kita tentukan adalah lokasi direktori kepingan CD atau flash disk yang digunakan sebagai media installer. Dalam kasus ini, lokasi file installer windows 10 yang saya gunakan adalah pada direktori F. Oleh karena itu, pada pilihan select windows 8 installation media (virtual) drive pilih F atau lokasi di mana file installer itu berada. Jiika sudah selesai, klik pada start installation. Note: Kolom installation Source akan secara otomatis terbentuk ketika kita arahkan windows installation media pada direktori yang memiliki windows installer. 
  4. Apabila berhasil, akan tampil pesan microsoft .net framework 3.5 was installed successfully. Klik OK untuk melanjutkan.
  5. Silakan jalankan aplikasi yang membutuhkan .net framework 3.5. Seharusnya sudah bisa diinstall.

Langkah kedua:
  1. Jika anda terhubung ke internet, aktifkan microsoft .net framework 3.5 dengan cara: membuka control panel – program – turn windows feature on or off – lalu centang .Net Framework 3.5 pada jendela yang muncul dan klik OK.
  2. Setelah langkah di atas, akan muncul window seperti gambar berikut ini. Biarkan berjalan hingga selesai.
  3.  Jika berhasil, pesannya akan muncul seperti pada jendela berikut ini.
  4.  Langkah terakhir, restart pc  dan cobalah untuk menginstall kembali aplikasi yang ingin dipasang pada PC Anda.

Sekian dan semoga bermanfaat.


==========
Author:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar. Kritiklah sesuka Anda!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA