Eror P07 printer Canon MP287 | Anak Pantai

Eror P07 printer Canon MP287

Eror P07 sebenarnya adalah kode eror yang disebabkan oleh penuhnya penyerap tinta pada printer akibat terlalu banyak mencetak (ini adalah diagnosa paling umum diketahui). Kebanyakan orang mengatasi masalah eror P07 adalah dengan mereset printer. Namun ternyata setelah direset, printer tidak masuk dalam keadaan mode service. Yang terjadi adalah lampu power printer mati sedangkan lampu alarmnya menyala. Artinya printernya ini tidak bisa direset, baik itu hard reset (kombinasi tombol stop/reset dan power) maupun soft reset (menggunakan software dalam bentuk program aplikasi reseter khusus).

Masalah di atas pernah saya alami. Ketika itu, saya juga menganggap ini masalah mudah, karena hanya perlu mereset printer saja. Tetapi setelah saya coba, hasilnya nihil. Tidak berhasil. Kemudian saya membongkar printer dan mulai mengecek satu per satu alat-alat dari printer tersebut. Saya perhatikan, kabel-kabelnya, barangkali ada yang digigit tikus atau ada benda-benda lain yang tdak sengaja jatuh ke dalam printer, sehingga menyebabkan printer eror. Karena tidak menemukan masalahnya, saya memasang kembali casing printer dan membautnya kembali.
Tiga hari setelah itu, karena kebetulan barang-barang servis yang masuk hari itu kosong, saya kemudian mencoba untuk mengerjakannya kembali. Saya cari solusi di internet. Banyak orang yang memosting artikel tentang eror p07 dan rata-rata semua mengatakan bahwa eror P07 itu mesti direset agar printernya normal kembali. Tapi ada juga yang berkomentar, eror P07 itu tidak bisa direset. Ada salah satu perangkat dari printer tersebut yang bukan perangkat asli, artinya bukan barang bawaan printer. Perangkat tersebut adalah mainboardnya.
Tanpa pikir panjang, saya kembali membongkar printernya. Kemudian saya cek mainboardnya. OMG, yang betul saja. Ternyata printer tersebut sebelumnya sudah pernah dibongkar, karena saya melihat baut yang mengancing mainboard tersebut hanya ada tiga, seharusnya empat.
Akhir cerita, saya mengganti mainboard yang terpasang dengan mainbaord printer sejenis yang kebetulan sudah lama tidak dipakai. Ternyata, penyebab printer tersebut eror P07 adalah karena mainboardnya sendiri. Setelah saya ganti, printernya normal kembali. Sudah bisa difungsikan kembali.

Jadi, saya pribadi ingin mengatakan bahwa jika printer canon mp287 mengalami eror P07, maka cara untuk mengatasinya jika tidak bisa direset adalah dengan mengganti mainboardnya. Ini kasus yang terbukti saya lakukan dan alami sendiri. Bukan sekadar kopas sana-sini.

Sekian, selamat mencoba semoga berhasil.....

==========
Oleh:
ariesrutung95

2 komentar

saya juga mengalami masalah yang sama!

Reply

Ganti mainboard-nya kalau tidak bisa direset Gan. Heheh..

Reply

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar. Kritiklah sesuka Anda!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA