Spesifikasi Komputer berdasarkan kebutuhan | Anak Pantai

Spesifikasi Komputer berdasarkan kebutuhan

Sebelum kita merakit sebuah PC maka pertanyaan paling penting yang harus kita jawab adalah untuk tujuan apa komputer tersebut kita rakit, kualitas seperti apa yang kita inginkan. Ketika pertanyaan seperti tadi bisa kita jawab, maka barulah kita memulai merakit PC. Berikut saya akan memberikan gambaran umum komputer yang dapat digunakan untuk spesifikasi tertentu. Agar tidak kecewa di kemudian hari, carilah dengan cermat atau bagi yang masih awam, sebaiknya belilah komputer di tempat-tempat terpercaya. Jangan lupa garansi produk hardware tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
 
Komputer untuk Office
Jika komputer hanya digunakan untuk menjalankan program Office (biasanya orang kantoran), disarankan tidak perlu menggunkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Karena tidak seimbang anta dana yang dikeluarkan dengan kinerja komputer itu sendiri. Cukup menggunakan komputer dengan spesifikasi sebagai berikut:
  1. Processor intel pentium 4 solo (2,4 GHz)
  2. Memori DDRAM 512 MB
  3. VGA dan Sound Card onboard atau bawaan dari pabrik
Komputer Multimedia dan Internet
Untuk menjalankan aplikasi multimesia dan hiburan, dan internet, disarankan menggunakan komputer dengan spesifikasi menengah, tetapi dengan sound card dan speaker yang bagus (format suara 5.1 ke atas). Jangan lupa dilengkapi dengan monitor 17” dan perangkat hiburan lainnya seperti TV Turner, FM Turner, TV Capture, modem. Berikut spesifikasi yang dapat digunakan:
  1. Processor intel pentium IV (3,0 GHz)
  2. Memori DDRAM 1024 MB atau 1 GB
  3. VGA card misalnya Ge-Vorce dengan kapasitas 256 MB DDR
Komputer Desain Grafis dan Video Editing
Untuk keperluan desain grafis terutama video editing, membutuhkan spesifikasi yang besar, maka dsarankan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi di atas rata-rata. Hal ini karena dibutuhkan komputer dengan perfimance yang baik dan tampilan detail grafik yang tinggi. Brikut spesifikasi yang di sarankan:
  1. Processor intel pentium IV Core2Duo 2,0 GHz atau AMD yang setara
  2. Monitor ukuran 17”
  3. Memori DDRAM 2 GB
  4. VGA card Ge-vorce dengan kapasitas 512 MB DDR
Komputer Game
Komputer untuk Game memerlukan spesifikasi yang tinggi. Selain membutuhkan perfomance dan tampilan detai grafil yang baik, juga diperlukan VGA card yang mampu mendujung 3D. Supaya lebih sempurna, dukungan monitor 17” tidak dapat dielakkan. Kartu suara di atas rata-rata dipadukan dengan speaker yang baikakan memnerikan kenikmatan bagi para gamers. Gamers biasanya memainkan komputernya dalam waktu lama, sehingga komputer selalu bekerja keras dan suhunya di atas rata-rata, oleh karena itu sistem pendinginan di dalam sebuah PC harus bisa berjalan dengan baik. Kita harus menambah jipas pendingin pada CPU agar udara panas bisa keluar dengan cepat. Sebaiknya pilihlah kipas pendingin yang sudah dilengkapi soket power agar mudah dalam pemasangannya. Spesifikasi minimum yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. Processor pentium IV Core2 Duo 2,0 GHz atau diatasnya
  2. Memori DDRAM 2 GB
  3. VGA Ge-vorce atau ATI RADEON terbaru dengan kapasitas minimal 512 MB DDR
Komputer Untuk Server
Komponen-komponen yang digunakan sebagai server harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Komponen yang dipilih juga harus memiliki life time yang relatif lama. Perlu diingat bahwa komputer server digunakan secara terus menerus, bahkan sampai berbulan-bulan nonstop. Komputer server ini juga harus memiliki kestabilan dan kecepatan transfer data yang tinggi. Agar komputer bekerja dengan optimal, processor yang digunakan harus memiliki cache memori yang tinggi. Berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan:
  1. Processor intel pentium Xeon atau Itanium dan AMD MP
  2. Memori DD/RD-RAM diatas 3 GB
  3. Harddisk yang memiliki interface SATA dengan kapasitas diatas 200 GB
  4. VGA tidak perlu menggunakan Spesifikasi yang tinggi, onboard juga tidak masalah

============
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar. Kritiklah sesuka Anda!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA