Cara menyembunyikan folder pada Komputer tanpa Aplikasi | Anak Pantai

Cara menyembunyikan folder pada Komputer tanpa Aplikasi



Selamat ber-apa saja, buat sahabat-sahabat blogger... kali ini saya akan membagikan kepada kalian bagaimana cara MENYEMBUNYIKAN FOLDER PADA KOMPUTER TANPA APLIKASI. Tanpa Aplikasi? itulah berita baiknya..... Dalam kasus ini ada beberapa alasan kenapa kemudian saya memnyembunyikan data saya; yang pertama orang-orang sering mencuri data di laptop saya, yang ke-dua, ada file penting yang tidak mau saya bagikan kepada orang lalin apalagi melihtanya dan mengambilnya, dan yang keberikutnya saya tidak mau data-data penting saya terinfeksi virus meski masih ada kemungkinan terinfeksi tapi setidaknya saya meminimalisir hal tersebut, dan yang terakhir adalah membagikan ilmu ini ke sahabat yang kasusnya sama seperti yang saya alami. OK... sahabat-sahabat saya yang baik hati, kita langsung saja menuju TKP.....
1.   Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka menu run, caranya tekan tombol Windows lalu tahan diikuti oleh huruf R atau tekan tombol start kemudian pilih RUN. Maka akan muncul gambar seperti berikut ini.
2.   Kemudian ketikan cmd pada kotak open lalu tekan enter. Sehingga akan muncul gambar seperti berikut.
3. Dalam kasus ini saya akan menyembunyikan sebuah folder di dalam direktori D, bernama HACKER, silahkan sobat menyesuaikan sendiri dengan folder yang mau di sembunyikan.
 4.  Kemudian pada jendela cmd tadi kita ketikkan perintah attrib +s +h d:\HACKER lalu tekan enter. Lihat gambar berikut!
5.  Atau bisa juga langsung ketikkan perintah diatas pada jendela RUN tadi seperti pada gambar berikut lalu OK atau Enter.
 6.   Ketika sobat membuka kembali drive D, maka folder yang bernama HACKER tadi sudah hilang atau tidak ada, sudah disembunyikan. Lihat gambar berikut!
 7.  Loh....kok hilang? Terus bagaimana saya mau melihat data saya lagi? Itukan folder penting?.... hehehehehe.... tidak usah khwatir, tenang saja sobat... cara untuk mengembalikan folder tersebut adalah, buka kembali cmd, lalu ubah tanda + pada perintah tadi dan digantikan dengan –. Lihat gambar berikut!
 8.  Atau sama seperti pada langkah 5 tadi akan tetapi tanda + diganti dengan – juga dan kemudian tekan OK atau Enter. Look at the picture bellow!
 9.  Buka kembali drive D, daaaaaaaaaaaaaaaaan creekkkk... foldernya kembali sobat. Lihat gambar berikut!
10.  Ada juga cara lain yang saya gunakan agar folder yang kita sembunyikan tadi masih bisa diakses tanpa harus kembali ke command prompt dengan mengetikan ulang perintah yang agak ribet itu, caranya adalah ketikan nama folder yang tadi disembunyikan pada jendela Windows Explorer, tepatnya seperti pada gambar berikut ini!
11. Setelah mengetikan nama folder tersebut lalu tekan enter, maka isi folder HACKER tersebut adalah seperti berikut ini!
 

  
Itu tadi langkah-langkah bagaimana menyembunyikan data dari serangan virus atau kejahilan teman-teman sobat, tanpa menggunakan software. Untu penjelasan setiap perintah di atas dapat mengunjungi situs perintah command prompt dan penjelasannya.

2 komentar

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar. Kritiklah sesuka Anda!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA